Selasa, 09 Desember 2008

ASI TETAP SEHAT DISIMPAN BERBULAN-BULAN

Banyak yang sudah mengetahui bahwa ASI sangat baik bagi tumbuh kembang anak Namun cukup sedikit yang mengetahui bahwa ASI dapat disimpan selama berbulan bulan dan tetap sehat untuk dikonsumsi.

Bahkan dari hasil penelitian, ASI yang disimpan hingga berbulan-bulan lebih baik daripada susu formula manapun yang ada di dunia ini. Sebab ASI memiliki banyak kandungan zat dan protein yang tidak dimiliki oleh susu formula. Sehingga menyimpan ASI dalam freezer (kulkas) akan lebih baik ketimbang memberikan susu formula. Bahkan, ASI yang telah disimpan selama dua bulan di dalam freezer zat gizinya akan semakin baik.

Hakl ini penting untuk diketahui oleh ibu-ibu yang memiliki banyak aktivitas diluar rumah. Sehingga, tidak ada lagi alasan karir membuat ibu tidak memberikan ASI kepada bayinya. Pada saat tidak dapat memberikan ASI secara langsung ke bayinya ibu bisa memerah ASI-nya kapan saja kemudian disimpan dalam kulkas kemudian dapat diberikan saat dibutuhkan.

Namun ada hal yang musti diketahui dan dipelajari yaitu ASI yang sudah disimpan di dalam kulkas, sebelum diberikan kepada bayi harus dihangatkan dengan merendamnya dalam air hangat. Lalu, ASI yang sudah dihangatkan bila tersisa tidak boleh dikembalikan ke lemari es. Sedangkan ASI yang disimpan didalam lemari pembeku mesti dipindahkan ke lemari pendingin untuk mencairkannya sebelum dihangatkan.

Untuk diketahui banyak keunggulan ASI dibandingkan susu formula. Seperti antibodi dan protein yang dimiliki ASI sesuai dengan kebutuhan bayi. Sedangkan susu formula mengandung protein yang berbeda dengan protein manusia. Saat masuk dalam tubuh bayi, zat tersebut akan menjadi benda asing dalam tubuh bayi. Selain dapat merenggangkan hubungan emosional antara anak dan ibu, anak yang tidak meminum ASI lebih cenderung sering sakit-sakitan seperti demam, batuk ,pilek, diare, bahkan berak darah karena zat anti bodi tidak diperoleh dari ASI.

2 komentar:

admin mengatakan...

ASI MMg the best :)

Hendra Desta mengatakan...

MURAH JUGA BUNDA...HE EHEH