Rabu, 29 Oktober 2008

Sepeda Lipat

Kata Neli mungkin cukup populer dan sering kita dengar selain sebagai nama orang juga sebagai singkatan dari nenek lincah alias nenek yang digambarkan suka loncat sana loncat sini. Tapi mungkin akhir-akhir ini juga sering dengar istilah seli, ups yah benar seli kepanjang dari sepeda lipat. Memang seli ini bisa dilipat sehingga lebih praktis agar bisa disimpan atau dibawa bergerak.

Sekarang banyak orang bergairah untuk berolahraga sepeda dan bahkan sebagai salah satu alternatif alat transportasi untuk pergi kekantor atau tempat aktivitas lainnya. Selain MTB (Montain Bike), sudah banyak si lincah seli yang pilih untuk digunakan oleh komunitas pecinta sepeda. Seli menawarkan kepraktisan yang cukup membantu para penggunanya tinggal dilipat trus ditenteng. O ya seli cukup ringan lho, bobot seli bervariasi, antara 9-11 kg, tergantung diameter lingkaran roda. Ada empat ukuran diameter lingkaran roda yaitu 16 inci (40,64 cm), 2 inci (50,8 cm), 24 inci (60,96 cm), dan 26 inci (66,04 cm).
Empat ukuran diameter lingkaran roda tersebut mempunyai keunggulan masing-masing. Seli dengan roda 16 inci biasanya dirancang seringan dan seringkas mungkin untuk dilipat tapi karena ukuran roda yang kecil cukup melelahkan ketika mengayuhnya. Untuk Seli dengan ukuran roda berdiameter 20 inci mempunyai bobot diatas seli berdiameter 16 inci, namun lebih nyaman untuk dikendarai. Performa seli ini lebih mumpuni dan tidak melelahkan namun tetap ringkas ketika dilipat. Sedangkan Seli dengan diameter roda 24 inci dan 26 inci mempunyai ukuran yang sama dengan roda sepeda konvensional. So, soal kenyamanan ya tidak jauh beda dengan sepada senoli atau sepeda non-lipat. Mungkin yang membedakannya bisa dilipat sehingga lebih praktis membawanya atau menyimpannya.
Teknologi seli pun menggunakan sistem pengerak roda yang menggunakan pilihan percepatan dari yang hanya 3 percepatan hingga 24 percepatan. Sebagai info tambahan seli pada tahun 1890 bebarapa negara secara khusus membuat seli untuk perang. Pada masa tersebut pabrik yang paling produktif membuat seli untuk perangadalah Birmingham Small Arms (BSA) di Inggris. Ribuan seli dibuat BSA untuk PD I dan PD II. Seli digunakan oleh pasukan terjun payung.

Tidak ada komentar: